Powered By Blogger

Monday, August 24, 2009

Catper: perjalanan ke garut via kereta

rata2 sih orang ke garut naek bus atau elf, tapi penasaran pengen coba jalur lain. selidik punya selidik ternyata di garut pernah ada jalur kereta yg lewat sini. sayang sekarang udah jadi jalur mati, paling cuma mpe cibatu. stasiun kecil dimana kalo ke jawa pasti ngendon situ.

perjalanan kali ini adalah petualangan kedua kali naek kereta ke garut, mulanya mau mpe cibatu tapi mengingat nyampenya bakalan udah malem banget dan harus nyambung pake ojek sampe terminal guntur -->prognosis ad malam, jadi cuma nyampe di leles aja.

start dari bandung di stasiun ciroyom, beli karcis jurusan ciroyom-cibatu seharga 1500 doank naek KA simandra jurusan purwakarta-cibatu. kereta hari ini agak telat, minggu lalu pas sesuai jadwal jam 4 kurang seperapat udah merapat, hari ini rada molor jam empat teng baru nyampe ciroyom. banyak juga yang turun di ciroyom, jadinya keretanya rada kosong. gue dapet kursi yang deket jendela, asyik bisa liat pemandangan dan poto2. asyik gak tuh.

kereta ini berenti di setiap stasiun di bandung: stasiun besar di kebon kawung, cikudapateuh, kiaracondong, rancaekek, dan cicalengka. rata2 berenti sekitar 2-3 menit lah. paling banyak yg naek di stasiun bandung, cikudapateuh, dan kiara condong. pada turun di rancaekek dan cicalengka.

seudah cicalengka, ntar keretanya lewat gunung yang dipapas, pemandangannya keren tuh, bukan pemandangan biasa yang dapet diliat pas naek elf

banyak yg ngingetin gue sama nostalgia pas naek kereta api ekonomi pasundan dan kahuripan, teriak2nya pedagang, tukang ngamen dan nyapu kereta. banyak dech. secara gue jadi ketagihan naek kereta ke garut. kereta emang lebih stabil, gak terlalu banyak goncangan dan gak kena macet itu asyiknya. emang suka berenti2 sih, namanya juga kereta ekonomi. tapi gue sih puas.

jam 6 aku nyampe di leles, sebuah stasiun kecil yang lumayan ramai orang turun disini. kereta yg ke bandung ada lagi jam 6 pagi, jam 8 pagi bisnis dan eksekutif, dan 9 malam. kemudian gue naik lagi angkot nomer 10 bayar 4000 perak sampe simpang lima terus nyambung lagi angkot 3 sampe sukapadang.

1 comment:

  1. Kaka berangkat darimana? Trus turun di stasiun leles apa dmna? Harga brp kak. Respon

    ReplyDelete